el Bashiroh
Mencerahkan Rohani Bangsa


  • Praktis Tour & Travel

    Tiket murah untuk transportasi bus, kereta api, kapal laut, pesawat. Tiket penerbangan domestik bisa diantar.

  • Toko Zam Zam

    Sedia Sarung Samarinda, jilbab, rukuh, seprei, daster, busana muslim long dress, dll. Melayani partai & eceran. Juga tersedia merek:

  • Griya Alfa Reyhan

    Menyediakan kain spun, polyester, twill kwalitas ekspor, baju takwa, gamis, jubah, dll.

  • Percetakan Dalwa

    Lengkapi koleksi Anda. Koleksi buku-buku fiqih terbitan Pesantren Darullughah Wadda'wah.

  • Toko Laris Kaos

    Grosir & eceran. Agen perlengkapan bayi, pakaian dalam pria & wanita, setelan anak, aneka kaos. Harga murah, kwalitas bagus. Buktikanlah!!

  • El Bashiroh

    Majalah Bashiroh Online

Keajaiban Hidup Berdampingan: Pesona Pancaran Cahaya

Sungguh kita hidup pada suatu alam yang menakjubkan, kita lempar pandangan, maka kita akan melihat air yang transparan dan udara yang transparan. Mengapa kita butuh kepada benda-benda yang transparan ? … lalu kita tempatkan pada jendela-jendela, sehingga mencegah debu dan udara serta memasukkan cahaya. Sementara udara dan air bukanlah benda padat sehingga tidak bisa dijadikan seperti itu, dan es di daerah dingin akan mencair sebab pengaruh panas matahari, maka dominannya hanya dapat digunakan di suhu dingin. Kalau demikian apa yang dapat kita perbuat ? … Kita juga butuh pada benda-benda kaca yang bisa membesarkan suatu yang kecil dan mendekatkan sesuatu yang jauh.

Pertama kita ingin mengetahui simpanan-simpanan tumbuhan, dan membuka tabir rahasia-rahasia berbagai benda, lalu kita ingin menuju tingkat kedokteran dan perindustrian. Kedua kita ingin mengetahui benda-benda langit, mempelajari pegunungannya, sungai-sungainya, maka semua itu tidak dapat kita capai kecuali dengan benda-benda padat transparan ini yang tidak mengalir seperti air dan tidak menguap seperti udara. Demikianlah kebutuhan kita pada benda yang menguatkan daya pandangan kita yang lemah, dan memperbesar huruf-huruf tulisan untuk kita baca. Maka Allah Subhanahu wata'alah menciptakan Balur Shakhriy, seakan Dia berfirman ; " Wahai hamba-hambaku pandang dan pelajarilah materi benda bumi yang kelam nan gelap ini, Inilah Balur Shakhriy benda padat yang tembus pandang (transparan) ”. Pintu pengetahuan ini telah dibuka maka saatnya untuk menyelaminya.

Selengkapnya


Bismillah: Suksesi Hidup Seorang Muslim

Basmalah,

بسم الله الرحمن الرحيم

"Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,"

Kalimat di atas mempunyai kandungan arti yang sangat besar. Bacaan basmalah ini sangat mudah untuk diucapkan, akan tetapi keistimewaan dan keutamaannya sangatlah besar. Sebagian orang arif billah mengatakan bahwasanya basmalah ini adalah kalimat yang suci dari pada hidayat Allah yang tersimpan dan rahasia Allah yang ada pada para kekasihnya serta sarana yang cepat untuk sampai kepada Allah bagi siapa saja yang ditolongnya, juga sebagai rahmat yang khusus bagi penghuni sorga. Dan sangat banyak sekali riwayat-riwayat tentang keistimewaan, keutamaan dan kandungan basmalah, diantaranya sebagai berikut.

Selengkapnya


Konsep Keimanan dalam Fenomena Tumbuhan

Allah subhanahu wata'alah berfirman dalam al Quran yang agung nan suci:

يضل الله الظالمين و يفعل الله ما يشاء

"Allah menyesatkan orang -orang yang berbuat aniaya dan Allah melakukan apa- apa yang Dia kehendaki."

Bagaimana Allah melakukan sesuatu yang Dia kehendaki dan menyesatkan orang-orang yang berbuat aniaya? Lalu apa hikmah penyesatan orang-orang yang demikian?

Selengkapnya


Langit: Kajian Tafakkur ala Imam Ghazali

Dalam kitab ini Imam al-Ghazali mencoba menjembatani antara ilmu dunia dengan ilmu akhirat lewat proses tadabbur bil kholqillah (perenungan ciptaan Allah). Tadabbur yang sering kita lakukan akan membawa kita pada puncak keimanan yang luar biasa (Rusyukhul Yaqin), maka dengan dasar ini tidak ada salah kalau kita gunakan waktu sejenak untuk menambah kualitas Iman kita.

Selengkapnya


Fotosintesa Tumbuhan dalam Al-Quran

Sebuah kajian tafsir coba kami sajikan di hadapan pembaca yang budiman. Dalam rubrik ini akan kami kupas masalah keseharian yang ada di lingkungan kita (pepohonan, dedaunan, dan hewan).

Selengkapnya


Kiamat dalam Perspektif al-Qur'an dan Sains

Kajian metafisiqiyyah yang diselenggarakan oleh LPSI Sidogiri, bertemakan Kiamat perspektif wahyu dan Rasio, pada 6 Jumadil Ula 1426H menghasilkan dua model presentasi yang berbeda. Berikut makalah yang dipresentasikan oleh Ustadz Qoimuddin Abdullah (Dewan Tarbiyah Darullughah Wadd'awah dan Dewan pengajar Sidogiri).

Selengkapnya


Astronomi dalam Al-Quran

Pada seminar yang diselenggarakan oleh Kuliah Syariah Pondok Pesantren Sidogiri, 13 Juni 2005 bertemakan Kiamat dalam Perspektif Wahyu dan Rasio, redaksi mencoba menuangkan kembali hasil seminar tersebut dalam bentuk artikel, sehingga mampu dipahami oleh pembaca Al Bashiroh yang tercinta ini. Makalah pertama disajikan oleh KH. Abdullah Syamsul Arifin, dari Jember yang juga sekaligus menjadi dosen di salah satu perguruan Tinggi di kota tersebut. Berikut pembahasan panjang hasil temuan astronom yang dipadukan dengan dalil-dalil bersumber dari al-Quran.

Selengkapnya


Alamat Redaksi: Jl. Raya Raci No. 51 Bangil Pasuruan P.O. Box 08 Bangil Pasuruan Jatim Indonesia. Telp. 0343-745317/746532 Fax. 0343-741-200
e-mail redaksi_albashiroh@yahoo.co.id.