PPSSNH Nurul Huda

Suara Kentut dari Kemaluan, Membatalkan Wudlukah?

Pertanyaan

Assalamualaikum,
Mohon maaf sebelumnya bila agak kurang sopan, tetapi hal ini agak mengganggu saya dan membuat ibadah saya ragu-ragu. Saya sering mengeluarkan suara seperti kentut tetapi dari kemaluan saya, ada yang menyebutnya (maaf) kentut vagina. apakah hal itu membatalkan wudlu atau shalat?

Ummu Fulanah di Blimbing Malang

Selengkapnya ...


Kapankah kita berpuasa Arafah?

Kontroversi tentang ibadah yang harus ditentukan dengan kalender penanggalan hijriyah yang menuntut adanya rukyat, hampir setiap tahun muncul dan diperbincangkan. Pemaknaan suumu liruk yatih dan fain shahida minkum shahra fal yasum tidak hentinya diperdebatkan. Ada yang mengharuskan rukyat dengan didampingi hisab untuk penentuan akurasinya sebagaimana keyakinan ormas Nahdlatul Ulama, ada yang mencukupkan hitungan hisab wujudul hilal seperti ormas Muhammadiyah dan ada yang menggunakan kriteria hisab tetapi dengan menghitung imkan rukyat (kemungkinan bisa dilihat) dengan ketinggian minimal 4 derajat dan jarak bulan dan matahari 6,4 derajat sebagaimana keyakinan ormas Persis.

Selengkapnya ...


KH. Maimoen Zubair: Keistimewaan Lafdzul Jalalah

Lafal Allah adalah lafal yang mengumpulkan semua nama dan sifat yang dikandungnya.

Dzikir ini adalah tujuan utama dan paling puncak.

Selengkapnya ...


Meletakkan Jabatan Karena Salah Sangka

Hasil gambar untuk kartun meletakkan jabatan

Seseorang melaporkan kepada Khalifah Makmun Ibn Harun Al Rasyid bahwa Imam Musa al Ridla Ibn Ja'far Shadiq Ibn Hasan Ibn Ali Ibn Abi Thalib masih menerima zakat dan shadaqah meski sudah mendapat santunan bagi Ahl al Bait dari Negara.

Khalifah Makmun Ibn Harun Al Rasyid kemudian datang ke Imam Musa al Ridla untuk menyelesaikan masalah ini.

Selengkapnya ...


Pembangunan

Sebagai layaknya pondok pesantren yang terus berkembang, kami juga terus menerima dengan terbuka sumbangan untuk peningkatan kualitas pendidikan pesantren.

Selengkapnya ...


Jadwal Kajian Ramadlan PPSS Nurul Huda Mergosono Malang 1439 H


Pesantren Kilat Ramadlan 1439 PPSS Nurul Huda Mergosono Malang

Marhaban Ya Ramadhan

Bulan suci telah tiba. Yuk, atur rencana mulia. Jangan sampai Ramadhanmu tahun ini berakhir sia-sia.

Selengkapnya ...


KH. Masduqi Machfudz: Menyingkap Rahasia Qurban

Peristiwa sejarah yang menandai hari raya 'Iedul Adl-ha adalah tugas berat yang dibebankan Allah swt. kepada Nabi Ibrahim as. agar beliau menyembelih puteranya, Nabi Isma'il as.

Selengkapnya ...


K.H. Masduqi Machfudh: Mengapa Kita Harus Melanggengkan Berjamaah

Rasulullah bersabda:

مَنْ حَافَظَ عَلَى الصَّلاَةِ مَعَ اْلجَمَاعَةِ أَعْطَاهُ اللّهُ خَمْسَ خِصَالٍ : لَمْ يُصِبْهُ فَقْرًا أَبَدًا, يُرْفَعُ عَنْهُ عَذَابُ الْقَبْرِِ, أَمِنَ مِنْ أَهْوَالِ يَومِ الْقِيَامَةِ, يُعْطَى كِتَابُهُ بِيَمِيْنِهِ, يَمُرُّ عَلَى الصِّرَاطِ كَالْبَرْقِ اْلخَاطِفِ

Barangsiapa yang selalu menjaga solatnya dengan berjamaah, maka Allah akan memberinya lima hal: tidak pernah terkena kefakiran selamanya, dihapuskan siksa kubur darinya, selamat dari kesusahan pada hari kiamat, diberikan buku catatan amalnya dengan tangan kanan, dan berjalan di atas titian 'shirat' secepat kilat yang menyambar.

Selengkapnya ...


Haul Abah KH Achmad Masduqi Machfudh & Tahlilan 40 hari Umi Hj. Chasinah

Hadirilah Haul Abah KH Achmad Masduqi Machfudh dan 40 hari wafatnya Umi Hj. Chasinah pada

Waktu

Sabtu, 9 Jumadil Awwal 1436H/28 Februari 2015
19.15 WIB (Ba'da Isya) - selesai

Lokasi

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda
Jl. Kol. Soegiono IIIB 103, Mergosono
Malang 65134

View Larger Map

Agenda

  • Yasin & Tahlilan
  • Temu Alumni PPSS Nurul Huda

Kontak

  • M. Taqiyuddin al-Kaff: 0856-4646-7366
  • Gus Rozin: 0857-5568-7559

KH. Masduqi Machfudh: Niat Ingsun Mekso Awak

KH Masduqi Machfudh menelaah Kitab Arbain fi Ushuliddin karya Imam Ghazali

Suatu waktu Abah Kyai Masduqi tindakan ke Surabaya untuk memenuhi undangan sebuah pertemuan dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur. Setelah selesai dari pertemuan tersebut, beliau dijemput oleh panitia pembangunan masjid di sebuah perumahan Surabaya. Dijemput untuk berkenan memberikan pengarahan, mauidhoh, dan doa restu.

Selengkapnya ...


Diskusi Buku: Kiai Masduqi Menjawab (Gratis!)

Gratis! Hadirilah Diskusi Buku: Kiai Masduqi Menjawab dengan tema

Mengambil Ibroh dari Ibaroh kitab-kitab Mu'tabaroh

Selengkapnya ...


Khitanan Massal 2018

Selengkapnya ...


Haflah Akhirissanah dan Pengajian Umum: Niat, Tekad, Tirakat

Hadirilah acara Haflah Akhirissanah dan Pengajian Umum Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyyah Nurul Huda Mergosono Malang dengan tema:

Niat, Tekad, Tirakat

Selengkapnya ...


Biografi singkat

Selengkapnya ...


KH. Abdul Matin: Berkah Kecintaan pada Ilmu

KH. Abdul Matin
Pengasuh Pesantren Sunan Bejagung Tuban

Kecintaan pada ilmu tidak akan meninggalkan kesia-siaan. Tersebutlah ulama Damaskus Ahmad Hawari, ulama yang hampir seluruh waktunya diisi dengan hidmah pada ilmu, taqarrub dan menolong sesama.

Selengkapnya ...


Melepaskan Diri dari Ketergantungan pada Manusia

Imam Ibrahim Ibn Adham, sebagaimana dikutip dalam tafsir Qurtuby menyatakan:

"menyampaikan atau menggantungkan hajat kita pada manusia adalah hijab antara manusia dengan Tuhannya, karena itu gantungkanlah hajatmu pada penguasa manfaat dan bahaya."

Selengkapnya ...


Batas Dagu Wanita yang Harus Ditutup Saat Shalat

Deskripsi Masalah

Fenomena salah kaprah yang banyak terjadi di kalangan Umat Islam seringkali kurang mendapat perhatian tentang status hukumnya, entah disebabkan faktor pelakunya, karena sudut pandang yang berbeda dalam menyikapinya, atau bahkan subtansi masalah tergolong perkara yang samar di kalangan masyarakat umum (ma yakhfa ala 'al-'awam). Di antaranya adalah masalah bagian wajah yang wajib tertutup oleh mukena saat wanita melaksanakan sholat. Realitanya banyak desain mukena tidak bisa menutup bagian bawah dagu wanita.

Pertanyaan

Sebenarnya wajibkah wanita menutup bagian bawah dagu ketika melaksanakan shalat?

Selengkapnya ...


Wudhu Penyandang Disabilitas

Deskripsi Masalah

Di antara penyandang disabilitas terdapat orang yang tangan atau kakinya diamputasi namun kemudian disambung dengan tangan atau kaki palsu. Kondisi di atas menimbulkan problem tersendiri ketika berwudhu, apalagi jika tempat wudhu atau akses jalanke tempat wudhu cukup sulit dilewati. Dalam kondisi seperti ini, penyandang disabilitas berharap ada solusi dari agama untuk dirinya agar tetap dapat melaksanakan ibadah secara mudah tanpa sisa beban taklif yang harus ditanggung.

Pertanyaan

Mengingat bongkar pasang tangan/kaki palsu terkadang cukup sulit bagi penyandang disabilitas dan juga tempat wudhu yang tidak ramah bagi mereka, apakah hukum membasuh tangan/kaki palsu dapat disamakan hukum membasuh dengan jabirah, atau khuf khusus untuk kaki palsu?

Selengkapnya ...


Hukum Bitcoin

Deskripsi Masalah

Era digital yang terus berkembang memungkinkan masyarakat modern melakukan transaksi tanpa susah-susah membawa uang tunai, cukup dengan kartu ATM atau e-money, seseorang bisa berbelanja aneka keperluan. Bahkan sekarang telah ditemukan program uang digital yang disebut Bitcoin, dimana pada awalnya hanya bisa didapatkan dengan cara "menambang" sehingga tidak bisa mudah didapatkan, bahkan dalam satu hari hanya bisa dihasilkan enam Bitcoin saja. Pada kurun waktu tertentu Bitcoin sudah tidak bisa ditambang lagi dan menurut informasi yang beredar, pada akhirnya Bitcoin hanya mencapai 21 juta.

Saat pertama kali muncul, Bitcoin sangat tidak berharga, bahkan transaksi pertama kali yang terjadi menggunakan bitcoin, satu pizza ditukar dengan 10 ribu Bitcoin. Namun karena kepercayaan masyarakat akan keamanan Bitcoin semakin meninggi, harganya terus meningkat dari hari ke hari, selaras dengan semakin langkanya Bitcoin yang bisa ditambang. Dalam beberapa waktu lalu, tercatat pada 24 Desember 2017, harga satu Bitcoin mencapai Rp. 170.000.000.

Sistem transaksi Bitcoin sebenarnya hampir sama dengan transaksi pada umumnya, dimana pemilik akun dompet Bitcoin yang disebut Wallet, bisa menampung kiriman Bitcoin dari akun lain sebagai pembayaran dari transaksi yang dilakukan baik dalam dunia nyata atau maya. Namun biasanya, transaksi yang paling digeluti oleh pemilik Bitcoin adalah dengan melemparnya di pasar global layaknya bursa saham. Dalam masalah yang kedua ini, dibutuhkan keahlian dalam menganalisa naik turunnya harga Bitcoin. Sebab jika analisa yang dilakukan bagus dan cemerlang, pelepasan Bitcoin di pasar global bisa menghasilkan harga yang sangat fantastis, dari modal RP 30.000.000, dalam hitungan jam bisa berkembang menjadi Rp 90.000.000. Namun demikian, karena dibutuhkannya analisa yang bagus, maka tidak jarang, pelaku transaksi meski sudah ahli sekalipun, dapat mengalami kerugian yang berlipat ganda akibat meleset dalam menganalisa kenaikan harga Bitcoin.

Selengkapnya ...


Uang Elektronik

Deskripsi Masalah

Uang Elektronik menurut Bank Central Eropa adalah penyimpanan nilai uang secara elektronik pada perangkat teknis yang dapat digunakan secara luas untuk melakukan pembayaran ke pihak lain. Perangkat bertindak sebagai instrumen pembawa uang prabayar yang tidak harus melibatkan rekening bank dalam transaksi.

Produk Uang Elektronik menurut Bank Indonesia membaginya sebagai produk berbasis chip dan berbasis server. Untuk produk berbasis chip, daya beli berada di perangkat fisik seperti kartu chip atau sitker dengan fitur keamanan berbasis perangkat keras. Nilai uang biasanya ditransfer melalui pembaca perangkat yang tidak memerlukan konektivitas jaringan real-time ke server. Sementara produk yang berbasis server umumnya hanya berfungsi di perangkat pribadi seperti komputer, tablet atau ponsel pintar. Untuk transfer nilai uang, perangkat perlu tersambung melalui jaringan internet dengan server yang mengontrol penggunaan daya beli.

Untuk meningkatkan penggunaan uang Elektronik ini, Bank Indonesia memiliki program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Program ini mulai digencarkan dalam berbagai kebijakan, salah satunya aturan 100% non tunai pada transaksi di gerbang tol.

Pertanyaan

Apa status Uang Elektronik baik yang berbasis Chip atau Server menurut Fiqh?

Selengkapnya ...


Problematika Wanita Karier

Deskripsi Masalah

Sri dan Jarwo sepasang suami istri. Sejak menikah, Jarwo tidak pernah memberikan nafkah lahir sama sekali kepada istrinya. Hal ini karena Jarwo suka main judi hingga banyak terlilit utang. Akhirnya Sri bekerja sendiri dan sikapnya menjadi sering lebih berani kepada suaminya. Ia tidak pernah melakukan pekerjaan rumah tangga, bahkan sering menghina suaminya. Walaupun saat ini suaminya sudah tobat tidak berjudi, akan tetapi dia tetap tidak berusaha bekerja untuk menafkahi Sri, karena Jarwo lebih sering melakukan semua tugas rumah tangga sedangkan istri bekerja di luar.

Pertanyaan

Bolehkah seorang istri bekerja tanpa izin suami dengan kondisi seperti di atas?

Selengkapnya ...


Putusan Verstek Cerai Terhadap Suami dalam Perspektif Fikih

Deskripsi Masalah

Dinamika kehidupan pasangan suami istri terkadang berujung perceraian. Masyarakat modern khususnya di perkotaan tidak jarang memilih menempuh sidang di pengadilan dibanding bercerai secara langsung, terlebih ketika yang menghendaki perceraian adalah istri, di mana biasanya, karena suami menikah lagi tanpa seizinnya atau karena istri sudah tidak cinta lagi pada suami. Dalam kondisi demikian, istri mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama. Namun tidak jarang, karena suami masih menghendaki menjalin hubungan dengan istri, suami tidak menghadiri persidangan. Sehingga setelah dilakukan pemanggilan, hakim Pengadilan Agama memutuskan terjadinya cerai meski tidak dihadiri suami yang dalam istilahnya dikenal dengan sebutan putusan verstek.

Selengkapnya ...


Menyoal Pasal-Pasal Perceraian dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI)

Deskripsi Masalah

Pernikahan adalah bagian dari hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan makhluk hidup di dunia. Sebagai makhluk yang beragama dan berbudaya, pernikahan tidak hanya sebagai simbol budaya, tapi juga bernilai sakral dengan pengakuan dari agama. Manfaatnya, bukan hanya dari sudut keterjagaan agama pelakunya dari perbuatan keji, tapi juga memelihara garis keturunan. Dari itulah, pernikahan harus dijaga dan perzinahan menjadi hal yang tabu, baik dari sudut budaya, terlebih dari sudut agama.

Selengkapnya ...


Pondok Pesantren


Status Uang Masjid

Deskripsi Masalah

Banyak sekali inisiatif dari ta'mir masjid untuk menampung aspirasi masyarakat dalam meramaikan masjid, salah satunya adalah menyediakan kotak amal untuk menampung shodaqoh jariyah dari masyarakat. Hasil dari kotak amal di simpan di rekening dengan alasan, andaikan masih diwujudkan uang tunai khawatir akan dihutang atau akan terpakai oleh dirinya. Ketika masjid membutuhkan alat-alat yang baru maka sebagian uang yang berada direkening akan digunakan.

Di sisi lain ada seorang ta'mir dibingungkan dengan adanya karpet baru yang di waqofkan untuk masjid pasalnya, sedangkan karpet yang lama yang dimasjid masih layak digunakan. Andaikan dipasang di atas karpet yang lama, maka orang pertama yang mewaqofkan karpet pertama akan tersinggung. Andaikan tidak dipasang, maka pewaqaf baru merasa tidak rela.

Pertanyaan

Bagaimana tindakan ta'mir masjid menyimpan uang di rekening dengan alasan seperti di atas?

Selengkapnya ...


Haul ke-4 KH. Masduqi Machfudh & 1000 hari Nyai Chasinah Chamzawi



Assalamu'alaikum. Wr. Wb

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segenap Keluarga Besar Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda Mergosono Malang sangat mengharap kehadiran panjenengan dalam acara

Selengkapnya ...


Daftar Tunggu Haji

Deskripsi Masalah

Haji adalah rukun Islam yang kelima dan merupakan ibadah yang paling mulia dibandingkan dengan ibadah yang lainnya, termasuk sholat 5 waktu menurut pendapat sebagian 'ulama. Rasa ingin mendapatkan keistimewaan pahala di dalam ibadah haji, maka tidak sedikit orang yang menjual harta benda demi menunaikannya, Sehingga setiap tahun minat ibadah haji tidak semakin sedikit malah semakin banyak. Membludaknya jamaah haji indonesia tidak sebanding dengan kuota yang tersedia, sehingga masa tunggu haji semakin hari semakin lama.  Bahkan, di sebagian daerah masa tunggu ibadah haji sampai 20 tahun lebih.

Situasi demikian dimanfaatkan oleh jasa tour dan travel untuk mengais pundi-pundi rupiah  dengan  mengadakan seminar talk show untuk menarik perhatian masyarakat luas dengan slogan

"Lebih Baik Melaksanakan Umroh, Daripada Lama Menunggu Haji".

Pertanyaan

Apakah orang yang sudah memiliki biaya haji harus mendaftar haji?

Selengkapnya ...


Tuduhan Menghina Nabi Muhammad SAW

Deskripsi masalah

Lagi-lagi media sosial dihebohkan oleh seorang mubaligh yang membuat blunder saat ceramah di acara Muktamar di salah satu ormas di Riau, ia mengatakan bahwa,

Nabi Muhammad tidak bisa mewujudkan Rahmatan Lil Alamin selama 40 tahun, bahkan setelah turun wahyu selama 13 tahun Nabi Muhammad juga tidak bisa mewujudkan Rahmatan lil Alamin karena berada di bawah tekanan, ditekan oleh orang-orang yang tidak senang kepada wahyu yang ia terima maka rahmatal lil alamin tidak terwujud di atas muka bumi Allah swt.

Selengkapnya ...


Pedagang Al-Qur'an

Deskripsi Masalah

Al Qur'an merupakan kitab suci umat islam yang sangat diagungkan sehingga memegangnyapun juga harus dalam kondisi suci. Namun bagi mayoritas pedagang buku dan kitab menjaga kondisi suci ( memiliki wudhu ) untuk mengambil al-qur'an dalam rangka untuk melayani pembeli sangat jarang dilakukan dan dianggap terlalu ribet. Entah mereka punya pijakan dalil ataupun tidak atau bahkan mungkin mereka berasumsi bahwa al-qur'an yang ada di toko mereka sama dengan barang dagangan yang lain

Pertanyaan

Apakah dibenarkan tindakan para pedagang yang memegang dan mengambil al-qur'an dalam kondisi tidak suci?

Selengkapnya ...


Mogok makan sebagai cara unjuk rasa

Usulan dari almarhum KH. Imron Hamzah

Unjuk rasa sering dilakukan dalam rangka penyampaian kritik terbuka, protes atas kebijaksanaan/perlakuan, upaya memaksakan tuntutan kepada Pemerintah atau Instansi/Lembaga dan perusahaan. Selain diwarnai pengerahan sejumlah massa, menggelar orasi, memperlihatkan spanduk berisi tuntutan, membagi-bagikan selebaran, aksi menduduki gedung pemerintah, memblokir jalan masuk, mogok kerja dan sering pula unjuk rasa itu disertai dengan aksi mogok makan selama beberapa hari.

Selengkapnya ...


Tato dan anak haram yang menjadi imam shalat

Pertanyaan

Bagaimana hukumnya orang yang bertato atau orang/anak haram menjadi imam shalat?

Selengkapnya ...


Bea cukai dalam Islam

Pertanyaan

  1. Bagaimana hukum menarik bea cukai dalam Islam?
  2. Bagaimana hukum seorang muslim yang bekerja di departemen bea cukai?
  3. Bagaimana apabila bagian yang menarik bea cukai?
  4. Bagaimana apabila pada bagian yang tidak menarik bea cukai (misalnya pada bagian litbang)?
  5. Apa sebenarnya pengertian "Shohibu Maksin" pada hadits riwayat Abu Dawud, Ahmad, dan Al-Hakim berikut ini: "Laa yadkhulul jannata shohibu maksin"?
  6. Apa pengertian dari kata 'Aasyiron dari hadits riwayat Ahmad dan Abdil Hakam ini: "idzaa laqitum 'asyiron faqtuluhu"?

    Selengkapnya ...


Perdagangan lewat internet dan kuis televisi

Pertanyaan

  1. Bagaimana hukum perdagangan lewat internet (e-commerce)?
  2. Bagaimana hukum kuis di televisi yang menentukan tarif telepon khusus untuk mendapatkan hadiah?

Selengkapnya ...


Khutbah tanpa basmalah dan salat janazah tanpa ruku' dan sujud

Pertanyaan

  1. Mengapa pada waktu khutbah Jum'at yang pertama khotib tidak membaca basmalah, langsung membaca hamdalah?
  2. Kenapa dalam salat janazah tidak ada ruku' dan sujud?

Selengkapnya ...


Ziarah Kubur Saat Haid

Pertanyaan

Apakah hukumnya ziarah kubur bagi wanita yang sedang haid?

Jawaban

Bagi para wanita (baik haid maupun tidak) ziarah kubur hukumnya makruh bila bukan kuburan nabi, orang alim, orang shalih ataupun kerabat, sedang menziarahi kuburan nabi dan orang yang telah disebutkan sunah baginya bila kuburannya masih dalam satu daerah atau di luar daerah saat ia bersama mahramnya.

Selengkapnya ...


KH. Maimoen Zubair: Warisan Takwa Sang Khalifah

Seorang ulama yang bernama Muqotil bin Sulaiman diundang untuk menghadiri pelantikan seorang penguasa bernama Al-Manshur menjadi Kholifah. Pada saat hari H, Al-Manshur meminta nasehat kepada Muqotil.

Muqotil:

Anda ingin aku memberikan nasehat dengan yang aku lihat sendiri? Atau dengan yang aku dengar?

Al-Manshur:

Dengan yang engkau lihat dan saksikan sendiri.

Selengkapnya ...


KH. Cholidien Qosiem: Pemimpin Teladan

Percayakah panjenengan jika ada seorang Gubernur, menteri, DPR, Presiden atau pejabat pemerintah yang hidupnya serba dalam kekurangan?. Mungkin tidak ada atau bisa dibilang mustahil untuk zaman sekarang ini, apalagi di negeri ini yang mau tidak mau dapat dikatakan bahwa ketika ada seseorang yang menjabat sebagai pemimpin langkah yang pasti diambilnya adalah bagaimana dapat mengembalikan modal biaya kampanye atau kalau bisa mendapat keuntungan yang banyak selama ia menjabat.

Kita tentu sangat rindu dengan sosok pemimpin yang tidak hanya mementingkan dirinya sendiri. Pemimpin yang mau bercampur baur dengan rakyatnya. Pemimpin yang tak pernah bosan mendengar keluhan rakyatnya. Pemimpin yang selalu adil dan mengayomi. Pemimpin yang sederhana dan tidak menumpuk harta kekayaan.

Selengkapnya ...


Biografi KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudh

KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudh dilahirkan di desa Saripan (Syarifan), Jepara, Jawa Tengah pada 1 Juli 1935. Di desa tersebut, terdapat sebuah makam kuno yang banyak dikenal orang dengan makam "Mbah Jenggolo". Alkisah, berkat karomah dari Mbah Jenggolo ini, dulu ketika baru ada radio, siapa saja yang membawa ke desa ini pasti gila. Penyakit gila ini baru akan sembuh kalau alat elektronik dikeluarkan dari Saripan. Keadaan seperti ini masih bisa ditemui semasa Kyai Masduqie masih kecil. Namun perlahan-perlahan seiring dengan perubahan zaman, karomah ini berangsur surut hingga hilang sama sekali. Melihat lingkungannya yang seperti itu, ditambah dengan lingkungan keluarga yang taat dan fanatik terhadap agama serta memiliki semangat juang yang tinggi untuk menegakkan kebenaran dan menyebarkan agama Allah.

Selengkapnya ...


KH. Nuril Huda: Hukum Talqin Mayit

Dalam kitab مخنى المحتاج juz I, disebutkan bahwa menurut Imam Syafi’i dan Imam Ahmad Ibnu Hanbal, hukum membaca Talqin bagi mayit yang sudah mukallaf setelah selesai dikubur itu hukumnya disunahkan. Orang yang membaca talqin itu duduk di arah kepala kuburan mayit, kemudian berkata kepada mayit:

ياَعَبْدَاللهِ ابْنَ أَمَةِ اللهِ اُذْكُرْمَا خَرَجْتَ عَلَيْهِ مِنَ الدَّارالدُنْياَ شَهَادَةَ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاَنَّ ُمحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ وَاَنَّ اْلجَنَّةَ حَقٌّ وَاَنَّ النَّارَ حَقٌّ وَاَنَّ اْلبَعْثَ حَقٌّ وَاَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لاَرَيْبَ فِيْهَا وَاَنَّ اللهَ َيبْعَثُ مَنْ فِى اْلقُبُوْرِ وَاَنَّكَ رَضِيْتَ بِاللهِ رَبًّا وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنَا وَِبمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَبِالقُرْآنِ اِمَامً وَبِالْكَعْبَةِ قِبْلَةً وَبِاْلمُؤْمِنِينَ اِخْوَاناً. رواه الطبر انى فى الكبير

“Ya, Abdullah bin Amatillah! Ingatlah apa yang kamu keluar atasnya dari dunia ini.

Kesaksian bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Sesungguhnya surga itu benar, neraka itu benar, kebangkitan itu benar dan hari qiyamat pasti datang tidak diragukan lagi,

dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan manusia dari kubur

dan sesungguhnya engkau telah ridla bahwa Allah sebagai Tuhanmu dan Islam agamamu dan Muhammad Nabimu dan Al-Qur’an panutanmu dan Ka’bah kiblatmu dan orang-orang mu’min saudaramu”. (Hadits diriwayatkan Thobroni).

Selengkapnya ...