Penampilan (Performance)
Sebagai gambaran performance yang dibangun masing-masing unsur di bawah Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah/lembaga pendidikan Islam adalah sebagai berikut:
Penampilan (Performance) Fisik
Secara fisik Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah sebagai lembaga pendidikan yang beridentitaskan dan bernafaskan Islam harus menampilkan citra yang berwibawa, sejuk, rapi dan indah. Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah harus memberikan kesan kepada masyarakat bahwa:
1 Sebagai pondok pesantren harus bersih, rapi dan indah. 2 Terkesan dinamis serta dihuni oleh orang-orang yang terpilih dan berakhlaqul karimah. 3 Terpercaya dan menumbuhkan ketauladanan bagi masyarakat.
Kelembagaan
1 Memiliki tenaga pengurus yang handal dalam pemikiran, penelitian dan berbagai aktivitas ilmiah dan islami. 1 Memiliki tradisi pengurus yang mendorong lahirnya kewibawaan pondok pesantren bagi seluruh jajarannya. 1 Memiliki manajemen yang kokoh yang mampu menggerakkan seluruh potensi untuk mengembangkan kreativitas seluruh jajaran. 1 Memiliki kemampuan antisipatif masa depan dan bersikap proaktif. 1 Memiliki pimpinan yang mampu mengakomodasikan seluruh potensi yang dimiliki sehingga menjadi penggerak lembaga secara menyeluruh.
Profil Guru (Ustadz/Ustadzah)
1 Selalu menampakkan diri sebagai seorang mukmin dan muslim di mana saja ia berada. 1 Memiliki wawasan keilmuan yang luas serta profesionalisme yang tinggi, kreatif, dinamis dan inovatif dalam pengembangan keilmuan. 1 Bersikap dan berkepribadian jujur, amanah dan berakhlak mulia dan ikhlas serta dapat menjadi contoh yang baikbagi santri dan masyarakat. 1 Memiliki kesadaran yang tinggi di dalam bekerja/mengajar yang didasari oleh niat ibadah dan selalu berupaya meingkatkan kualitas pribadi. 1 Berwawasan luas dan bijak dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dan berkemampuan antisipatif masa depan dan bersikap proaktif.
Profil Santri Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah
1 Memiliki penampilan sebagai calon pemimpin umat, yang ditandai dengan kesederhanaan, kerapian dan penuh percaya diri. 1 Disiplin tinggi, haus dan cinta ilmu pengetahuan. 1 Memiliki keberanian untuk kebebasan dan keterbukaan. 1 Kreatif, inovatif dan peka terhadap persoalan lingkungannya. 1 Dewasa dalam menyelesaikan segala persoalan. 1 Selalu mencerminkan seorang yang memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, ilmu pengetahuan dan keluhuran akhlaq. 1 Mau belajar di bidang profesi yang bermanfaat dalam kehidupan modern.
Keadaan Santri
No. | Jenjang Pendidikan | Putra | Putri | Jumlah |
---|---|---|---|---|
1 | Ibtidaiyah | 644 | 267 | 911 |
2 | Tsanawiyah | 157 | 48 | 205 |
3 | Aliyah | 67 | 13 | 80 |
4 | Takhassus | 12 | ||
Jumlah | 868 | 328 | 1196 |
Asal Santri Dalam Negeri
No. | Propinsi | Putra | Putri | Jumlah |
---|---|---|---|---|
1 | Jawa Timur | 273 | 144 | 417 |
2 | Jawa Tengah | 54 | 15 | 69 |
3 | Yogyakarta | 4 | 4 | |
4 | Jawa Barat | 96 | 96 | |
5 | Jakarta | 99 | 80 | 179 |
6 | Bali | 14 | 10 | 24 |
7 | Kalimantan Barat | 134 | 25 | 159 |
8 | Kalimantan Timur | 20 | 20 | |
9 | Kalimantan Selatan | 61 | 35 | 96 |
10 | Kalimantan Tengah | 8 | 8 | |
11 | Riau | 15 | 15 | |
12 | Lampung | 3 | 3 | |
13 | Jambi | 5 | 5 | |
14 | Sumatera Barat | 8 | 8 | |
15 | Sumatera Selatan | 1 | 8 | 9 |
16 | Sulawesi Selatan | 17 | 3 | 20 |
17 | Sulawesi Tengah | 2 | 2 | |
18 | Sulawesi Tenggara | 10 | 10 | |
19 | Sulawesi Utara | 3 | 3 | 6 |
20 | Maluku | 3 | 3 | |
21 | NTB | 12 | 12 | |
22 | NTT | 10 | 10 | |
23 | Irian Jaya | 1 | 1 | |
24 | Ambon | 1 | 1 | |
Jumlah | 854 | 323 | 1177 |
Asal Santri Luar Negeri
No. | Negara | Putra | Putri | Jumlah |
---|---|---|---|---|
1 | Malaysia | 6 | 6 | |
2 | Singapura | 1 | 1 | 2 |
3 | Saudi Arabia | 4 | 4 | |
4 | Brunai Darussalam | 6 | 6 | |
5 | Australia | 1 | 1 | |
Jumlah | 18 | 1 | 19 |
Keadaan Guru
No. | Alumni | Putra | Putri | Jumlah |
---|---|---|---|---|
1 | Makkah | 9 | 9 | |
2 | Madinah | 2 | 1 | 3 |
3 | Yaman | 10 | 10 | |
4 | Mesir | 4 | 2 | |
5 | PP. Sidogiri | 4 | 2 | 3 |
6 | PP. Salafiyah | 8 | 4 | |
7 | PP. Langitan Tuban | 4 | 4 | |
8 | PP. Dalwa | 33 | 13 | 46 |
9 | Lain-Lain | 11 | 5 | 16 |
Jumlah | 77 | 29 | 106 |