Bahtsul Masail Diniyah

´╗┐Koleksi artikel tanya jawab dalam Kolom Bahtsul Masail yang diasuh oleh KH. A. Masduqi Machfudh pada majalah PWNU Jawa Timur Aula.

Koperasi simpan pinjam

Saat ini banyak berdiri koprasi simpan pinjam, koprasi yag dimaksud adalah menerima simpanan sekaligus mengasih pinjaman kepada anggota. Dimana peminjam tidak dikenakan "Bunga", namun diharuskan membeli semacam blanko yag harganya bervariasi sesuai dengan besar uang yang dipinjam. Misalnya untuk pinjam uang Rp 50.000,- harus membeli dulu blanko Rp 2.500,-, untuk pinjam Rp 100.000,- blankonya Rp 5.000,- dan seterusnya. Jadi sebelum bendahara menyerahkan uang yang akan dipinjam, pemimjam harus membeli blanko, baru kemudian bendahara menyerahkan uang pinjaman kepada pemimjam, untuk selanjutnya pemimjam mengangsur sebanyak lima kali selama lima minggu tanpa ada tambahan lagi. Sedangkan jumlah uang dari penjualan blanko akan dibagi pada semua anggota sesuai dengan jumlah simpanan/tabungan anggota masing-masing.

Selengkapnya ...


Tajdidun Nikah

Saya pernah diundang tetangga menghadiri tajdidun nikah (Jawa; mbangun nikah). Bagaimana sebenarnya hal tersebut?

Selengkapnya ...


Memotong kuku saat haid

  • Bolehkah memotong rambut dan kuku saat haid? Adakah tuntutannya di akhirat nanti?
  • Halalkah memakan jangkrik?

Selengkapnya ...


Memasang foto ulama'

Memasang patung atau gambar yang bernyawa di dalam rumah pernah disinggung dalam Hadits Bukhori Muslim, bahwa "Orang-orang yang paling hebat siksanya di hari kiamat adalah orang-orang yang menggambar gambar-gambar (seperti ini)". Dan ada lagi hadits Bukhori Muslim yang lain. Juga dalam buku Muhammad Isa Dawud diterangkan, bahwa jin muslim sangat membenci kalau dalam rumah seorang muslim ada gambar yang bernyawa (foto) dan juga patung walaupun kecil, apalagi malaikat pasti juga sangat membencinya. Namun kenyataanya sekarang banyak sekali foto/gambar ulama' dipajang di rumah-rumah.

Selengkapnya ...


Tidak sempat shalat maghrib

Khususnya di kecamatan Jenu, kab. Tuban, murid-murid dari MTs/MA bagian putri keluar (pulang dari sekolah) sore hari, jam 17.30 setiap hari. Sampai waktu shalat isyak, banyak di antara mereka yang masih menunggu mobil penumpang umum di pinggir jalan tanpa melakukan shalat maghrib karena tidak sempat dan tidak ada waktu untuk melakukan shalat maghrib.

Selengkapnya ...


Satrio piningit

Kami banyak menemukan beberapa berita di surat kabar yang isinya tentang prediksi-prediksi secara "ghaib" kondisi Indonesia, baik itu tentang: Satrio Piningit, Ibu Kota akan pindah ke Pelabuhan Ratu, Indonesia menjadi Nusantara, Kondisi setelah pemilu dan lain-alinnya yang semuanya itu ada yang berasal dari ulama'/kyai "Bashirah" dan paranormal, penghayat budaya Jawa.

Selengkapnya ...


Budidaya jangkrik

Di daerah Tuban, sudah banyak orang yang mempunyai peternakan jangkrik dan banyak yang mencarinya setiap malam kemudian dijual. Bagaimana hukumnya menjual jangkrik, dan uangnya termasuk uang apa?

Selengkapnya ...


Sholawatan dengan piano

Dengan makin maraknya sholawatan/qosidah sekarang ini. Tentu saja membantu membangkitkan rasa cinta kepada Rosalullah. Namun yang menjadi permasalahan adalah sarana pengiringnya, di mana sekarang peralatan musik beraneka ragam bentuknya, tidak hanya rebana saja sebagaimana di zaman Rosullah.

Selengkapnya ...


Hukum zakat fitrah dengan uang

Kebiasaan dimasyarakat bahwa zakat fitrah itu 2,5 kg beras atau uang seharga beras itu. Sepengetahuan saya, bahwa dalam kitab Fathul Mu'in menyebutkan , zakat fitrah itu 1 sho' (1 sho' = 4 mud, 1mud = 1 liter lebih sepertiga) dan yang dizakatkan adalah Gholibi quuti baladihi (makanan pokok daerahnya).

Selengkapnya ...


Hukum uang ceperan

Seorang pemuda berumur 15 tahun ibadahnya sangat rajin, namun tidak didukung ilmu fiqh yang memadai. Ketika menginjak usia 17 tahun , tergerak hatinya untuk memperdalam ilmu agama di pesantren. Dari situlah ia mengetahui bahwa amal ibadahnya selama ini banyak yang belum sempurna.

Selengkapnya ...


Suara denging di telinga

Dalam Muktamar NU yang ke 11 di Banjarmasin (1935), muncul persoalan suara denging yang terdengar di telinga. Karena itu saya mohon penjelasan masalah tersebut.

Selengkapnya ...


Aqad harga salah dengar

Seorang penjual menawarkan barangnya dengan harga tertentu. Namun karena calon pembeli salah dengar, maka ia menawar dengan harga diatas harga yang telah disebut penjual tadi. Tentu saja si penjual langsung memberikan barangnya, sementara ia (penjual) tahu kalau si pembeli betul-betul salah dengar.

Selengkapnya ...


Jual beli emas, bekicot, takbir shalat jenazah, posisi shalat berjama'ah

Si A adalah seorang pedagang emas. Sebagian dari barang dagangannya kadar yang ditulis di kwitansi tidak sesuai dengan kadar emas yang sebenarnya. Misalnya di kwitansi kadarnya ditulis 95%, tetapi ternyata kadar emas yang sebenarnya hanya 80%. Jadi di sini ada unsur penipuan dan dia setiap tahun membagi-bagikan uang/pakaian kepada fakir miskin.

Selengkapnya ...


Menyucikan lantai gedung dan takdir

Saat ini banyak orang yang membersihkan lantai atau mensucikan lantai dengan cara mengepel menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air; sehingga membuat lantai yang mutanajjis merata ke mana-mana, demikian pula bila kita mengepel lantai gedung bertingkat.

Selengkapnya ...


Jual beli gitar dan perawatan gigi

  1. Menanggapi pembahasan tentang musik pada edisi 10, bagaimana hukumnya jual beli gitar dan uangnya?
  2. Apa yang harus saya lakukan bila saya sudah mempunyai gitar?
  3. Bagaimana hukumnya meratakan / membaguskan gigi (memberi kawat) dalam Islam?
  4. Lalu bila haram, bagaimana dengan seorang dokter gigi yang menerima pasien untuk meratakan giginya?
  5. Apa saja batas-batas dalam usaha memperindah gigi?

Selengkapnya ...


Mati dalam kebakaran

Dalam insiden kebakaran sering kondisi korban tidak bisa dikenali lagi. Hal ini karena korban sudah tidak berwujud sama sekali; tulang belulang sudah hancur menjadi debu. Namun ada yang mengatakan bahwa tewas karena kebakaran itu termasuk mati syahid.

Selengkapnya ...


Alat bantu seksual

Sebagaimana yang saya ketahui, di Surabaya akhir-akhir ini banyak sekali toko-toko yang menjual alat-alat pelampias seksual seperti: penis elektrik, boneka elektrik, dan alat bantu lainnya.

Selengkapnya ...