Bahtsul Masail Diniyah

´╗┐Koleksi artikel tanya jawab dalam Kolom Bahtsul Masail yang diasuh oleh KH. A. Masduqi Machfudh pada majalah PWNU Jawa Timur Aula.

Khutbah tanpa basmalah dan salat janazah tanpa ruku' dan sujud

Pertanyaan

  1. Mengapa pada waktu khutbah Jum'at yang pertama khotib tidak membaca basmalah, langsung membaca hamdalah?
  2. Kenapa dalam salat janazah tidak ada ruku' dan sujud?

Selengkapnya ...


Salat jamaah di rumah dan salat sunah waktu ada khutbah

Pertanyaan

  1. Rumah saya berdekatan dengan masjid, namun saya sering salat berjamaah di rumah bersama istri dan anak-anak. Kemudian ada orang mengatakan, bila rumah seseorang dekat dengan masjid jarak 40 rumah ke arah timur, barat, utara dan selatan, maka salat jamaah di rumah tetap mendapat dosa, sekalipun salatnya sah. Karena di masa nabi, beliau tidak pernah salat berjamaah kecuali di masjid. Yang ingin saya tanyakan adalah:
    • Apakah salat saya bersama keluarga di rumah bisa diterima, dengan alasan membimbing isteri dan anak?
    • Benarkah perkataan orang itu? jika benar apa alasannya?
  2. Saya pergi ke masjid pada hari Jumat, pada waktu itu khatib sudah di atas mimbar dan membaca khutbah. Yang saya tanyakan: 
    • Apakah kita masuk langsung duduk atau melakukan salat? 
    • Kalau salat, salat apa yang harus dikerjakan?

Selengkapnya ...


Mati karena minuman keras murtad

Di Besuki ada seorang Islam mati karena minum minuman keras. Dengan ini kami akan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:

Selengkapnya ...


Sekitar Nisfu Sya'ban

Di masyarakat kita masih banyak orang yang belum mengetahui tentang hal ihwal Nisfu Sya'ban; baik berkaitan dengan peristiwa yang terjadi di dalamnya maupun dasar yang kuat berkaitan dengan perintah melakukan ibadah. Sebab, kenyataan di masyarakat banyak orang kalau menghadapi malam Nisfu Sya'ban melakukan berbagai ibadah. Di sisi lain, ada orang yang berpendapat bahwa melakukan ibadah seperti membaca Yasin, salat malam dan sebagainya tidak ada dalil yang kuat. Untuk itu mohon penjelasan mengenai duduk perkara dari ibadah Nisfu Sya'ban.

Selengkapnya ...


Khusuk dalam salat

  1. Kami ingin menanyakan masalah kehusukan dalam salat. Kami kadang-kadang kurang khusyu' dalam salat dengan dasar fikiran kami kemana-mana.Kami sudah berusaha untuk khusyu' tapi masih belum khusyu' juga kami mengulangnya beberapa kali.Namun demikian,juga masih belum khusyu'. Dan untuk menghindari hal tersebut bagaimana tindakan kami, mohon penjelasan bapak.
  2. Ketika kami salat di sebuah mushola, kami melihat seorang ibu sedang salat, beliau bersama anak kecil kira-kira berumur tiga tahunan. Ketika ibunya salat, anak kecil lari-larian disekitar ibunya. Saking bandelnya anak tersebut dia jatuh, lalu ibunya menjerit dalam salatnya. Yang kami tanyakan, sahkah ibu anak tersebut dalam salatnya? mohon penjelasan bapak pengasuh.

Selengkapnya ...


Wali tidak salat dan tidak menyentuh gawang

Saya seorang desa yang ada di pegunungan heran pada beberapa cerita tentang Kyai Mas atau Kyai Zaid (nama samaran) yang katanya wali tapi tidak shalat dan suka mengawini istri orang. Yang kami tanyakan adalah:

Selengkapnya ...


Menikahkan perempuan hamil

  1. Bagaimana hukum menikahkan perempuan yang sedang hamil?
  2. Bolehkah wanita tersebut dikumpuli (dijimak) setelah melangsungkan akad nikah?
  3. Bagaimanakah status anak yang dilahirkan itu (waris)?
  4. Bila anak yang dilahirkan itu perempuan siapa wali nikahnya?

Selengkapnya ...


Salat Istisqa lawan teknologi

Kami sebagai pelajar Islam, setelah melihat keberadaan teknologi yang semakin canggih ini, sangat bersyukut kepada Dzat Pencipta yang menganugerahi pengetahuan pada manusia sebagi pengelola dunia ini.

Selengkapnya ...


Haramnya celup dan halalnya menangis

  1. Saya pernah membaca terjemah hadist di Riyadus Shalihin yang menerangkan dilarang (haram) memakai pakaian bercelup sumba (pewarna).

    Selengkapnya ...


Tiada maaf bagimu khatib

  1. Pada khutbah Jum'at yang berjudul persaudaraan seiman karangan M. Chusna Abdullah terbitan majalah Aula No. 08/Tahun XV/Agustus 1993, yang berbunyi Shallallahu alaihi wa alihi waashhabihi wa man walah. Apakah itu kehilafan penulis, atau memang bisa/cukup dengan bacaan shalawat tersebut di atas?

    Selengkapnya ...


Lafadz khutbah

Saya ingin menanyakan tentang rukun khutbah Jumat. Rukun khutbah menurut yang saya baca dalam kitab fiqh Islam Sulaiman Rosyid:

1. membaca hamdalah,
2. membaca syahadat
3. membaca shalawat,
4. berwasiat/taqwa,
5. membaca ayat al Quran,
6. mendoakan kaum mukmin dan muslim.

Selengkapnya ...


Pembagian warisan Aisyah dan Nabi Hidlir

Dengan singkat, bersama ini kami sampaikan dua pertanyaan yang isykal dengan harapan mohon jawaban.

Selengkapnya ...


Taspen dan nikah puso

Dalam majalah AULA no 8 Tahun VII Sepetember 1990 dengan judul Uang pensiun tidak dibagi sebagai harta waris. Yang ingin saya tanyakan:

Selengkapnya ...


Berobat ke dukun

Dengan ini kami ingin mengajukan pertanyaan kepada bapak pengasuh rubrik bahtsul masail. Adapun persoalan kami sebagai berikut.

Selengkapnya ...


Pembagian waris pegawai negeri

Kami sebagai pemuda Islam ingin mendapat penjelasan yang lengkap beserta dalil-dalilnya kepada hadratusy syeikh dalam masalah di bawah ini:

Selengkapnya ...


Ta'liq dan ruju'

Melalui rubrik ini saya ingin mengajukan permasalahan sebagai berikut.

Selengkapnya ...


Zakat latihan dan qurban urunan

Bersama ini, kami mengajukan beberapa pertanyaan kepada bapak pengasuh bahtsul masail. Adapun pertanyaannya adalah sebagai berikut:

Selengkapnya ...


Makan dan salam kristen

Pada Aula edisi Agustus 1993 halaman 38 kyai memberikan jawaban untuk seorang penanya bahwa makanan yang diberi orang Kristen halal bagi orang muslim. Begitu juga orang muslim tidak dilarang memberi salam kepada orang bukan Islam.

Selengkapnya ...


Bertetangga kristen dan salaman dengan luar mahram

Melalui surat ini saya mengajukan masalah dan mengharap penjelasan dari Bapak Kyai. Permasalahan saya adalah sebagai berikut:

Selengkapnya ...


Tawaf memakai lift

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, sesuatu yang dulunya sulit menjadi mudah. Bahkan majunya teknologi mempu menghipnotis manusia yang awam. Kemudahan-kemudahan hidup bahkan dalam ibadah pun mungkin bisa dicari kemudahannya.

Selengkapnya ...


Hari besar Islam

Bapak pengasuh Bahtsul Masail yang terhormat, bahwa dalam pertemuan BKP, 29 Mei 93 di desa kami, kami dihadapkan pada permasalahan yang belum menemukan jawabannya sesuai dengan hukum yang berlaku. Karena itu, kami ingin mendapatkan jawabannya melalui pertanyaan yang kami ajukan kepada bapak. Langsung saja kami tanyakan hal-hal sebagai berikut:

Selengkapnya ...


Qurban wajib dan qurban sunah

Saya seorang yang sangat awam. Pendidikan saya sekolah umum dari SPG. Tetapi saya senang mempelajari agama Islam. Bahkan saya berlangganan AULA.

Selengkapnya ...


Bermadzhab jama'i

Dalam dekade muqollidin dewasa ini seringkali kita dihadapkan pada problematika yang tidak diketahui kepastian hukumnya, karena tidak disinggung dalam kitab-kitab muktabaroh/kutubus salaf. Kalaupun ada itu hanya dengan tersirat atau mirip-mirip saja. Kadang kala masalah tersebut diputuskan dengan suatu kaidah usuliyah atau kaidah fiqhiyah lalu finallah masalah itu.

Selengkapnya ...


Penetapan hari raya

Sebagai orang awam, saya tidak mengetahui bagaimana cara menentukan tanggal 1 Syawal, baik dengan cara hisab maupun rukyat. Perbedaan tahun lalu, 1992, terulang di tahun ini (1993), ada yang Rabu dan ada pula yang Kamis. Hal ini menurut saya sangat membingungkan masyarakat awam.

Selengkapnya ...


Pengertian yatim

Ada masalah mendesak yang membutuhkan penjelasan dari pengasuh rubrik bahtsul masail. Yaitu tentang pengertian anak yatim. Sebab, dalam pengurus panti asuhan anak yatim di tempat kami telah terjadi pro dan kontra tentang pengertian tersebut.

Selengkapnya ...


Mengingatkan imam

Pada hari Senin dan Selasa (malam) 15-16 Maret 1993, jam 00.45 s/d 02.30 wib, saya melihat siaran langsung salat taraweh di masjidil Haram lewat RCTI yang bekerja sama dengan SCTV dan PT Indosat. Ternyata dilakukan setiap dua rakaat salam dengan jumlah 20 rokaat dan 3 witir 2 kali salam. Bacaan surat-suratan dalam salat taraweh panjang-panjang dan agak pendek dalam salat witirnya. Sebelum salam pada I'tidal witir terakhir (yang ganjil) membaca doa qunut selama sepuluh menit dengan suara nyaring dan mengangkat kedua tangan. Sehungga pelaksanaan salat secara keseluruhan memakan waktu satu jam empat puluh lima menit.

Selengkapnya ...


Polok dalam salat

Menanggapi keterangan kiai di Bahtsul Masail AULA nomor: 04/Tahun XV/April 1993. Perlu saya sampaikan bahwa, pada suatu hari pengajian rutin di masjid As-Sa'adah Keputih Jl. Arief Rachman Hakim 17 Surabaya yang diasuh almarhum KH. Thohir Syamsuddin, menjelaskan pakaian orang laki-laki bila salat mata kakinya harus kelihatan.

Selengkapnya ...


Memanfaatkan barang bekas masjid

Di desa saya ada sebuah masjid kuno yang kondisinya agak memperhatinkan. Kemudian masyarakat sepakat untuk memperbiki denga cara mengganti secara total bangunan masjid itu. Dengan demikian banyak bangunan masjid tersebut yang tidak terpakai.

Selengkapnya ...


Polok terbuka masuk neraka

Pada hari Jumat 26 Februari 1993 lalu, saya salat Jumat di masjid Kecamatan Tegalsari Surabaya. Ketika seorang khatib selesai menyampaikan khutbahnya, maka salat segera dimulai. Sebelum salat, khatib yang sekaligus menjadi imam itu memberikan aba-aba para jamaahnya supaya berbaris lurus dan rapat, karena shaf lurus dan rapat itu merupakan kesempurnaan salat.

Selengkapnya ...


Kesucian pakaian salat

Adik saya sering meremehkan perkara kencing. Sehabis kencing biasanya membersihkan dengan menyiram air seperlunya. Ia menganggap bahwa siramannya tersebut sudah bersih dari najis. Namun, adik saya bilang bahwa dirinya kadang terjadi keraguan jangan-jangan ada rembesan air seni yang keluar lagi setelah memakai celana dalamnya. Padahal setelah kencing (jika sudah masuk waktu salat) adik saya langsung berwudlu dan mengerjakan salat tanpa melepas celana dalamnya.

Selengkapnya ...


Dua imam shalat berjamaah

Mohon penjelasan bagaimana hukumnya dalam agama, bila ada satu jamaah salat yang terdiri dari dua orang imam?

Selengkapnya ...


Menangisi mayat

Ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa seseorang akan mendapatkan siksa karena waktu ia meninggal dunia ditangisi dan diratapi oleh keluarganya. Padahal dalam al-Quran ada ayat yang menjelaskan bahwa seseorang akan mendapat pahala dari apa yang telah ia kerjakan di dunia dan mendapat siksa karena kesalahannya sendiri.

Selengkapnya ...


Cara salat

Saya seorang wanita, umur 25 tahun. Karena menderita suatu penyakit, sudah 2 bulan ini dubur saya dipindah oleh dokter ke perut (inipun sudah dioperasi dua kali) dan dalam waktu enam bulan akan dioperasi lagi/pindah ke asal.

Selengkapnya ...


Haid tidak teratur

Saya adalah seorang ibu muda, 22 tahun. Sudah mempunyai anak dan ikut KB suntik. Sebelum ber-KB, masa haid saya berjalan normal seperti biasanya berkisar antara 12-15 hari. Namun setelah ikut KB menjadi lain, kadang 17 hari bahkan lebih dan kadang pula kurang 15 hari masa suci, sudah keluar darah lagi. Darah yang keluar itu hanya sedikit dalam waktu yang relatif singkat.

Selengkapnya ...


Bukan dari musnad

Sebagai pembaca baru majalah tercinta Aula, saya sangat tertarik untuk terus mengikuti tiap penerbitan, karena saya melihat pembahasan-pembahasannya cukup bagus dan aktual.

Selengkapnya ...