PPSSNH Nurul Huda


Shalawat Nuril Anwar

Shalawat ini saya ijazahkan kepada dzurriyah Abah Achmad Masduqi Machfudz dan orang-orang yang mencintai beliau; 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلاَنْوَارِ وَسِرِّ اْلاَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدِ نِالْمُخْتَارِ وَالِهِ اْلاَطْهَرِ وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَاِفضَالِهِ

Allahumma shalli 'alaa nuuril anwaar.Wasirril asraari watiryaaqil aghyaar.Wamiftaahi baabil yasaari sayyidinaa wamaulaana Muhammadinil mukhtaar.wa aalihil ath-haari wa ash-haabihil akhyaar.‘Adada ni’amillaahi wa ifdhaalih.

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas cahaya di antara segala cahaya, rahasia di antara segala rahasia, penawar duka dan pembuka pintu kemudahan, Sayyidina Muhammad manusia pilihan, juga kepada keluarganya yang suci dan sahabatnya yang baik, sebanyak jumlah kenikmatan Allah dan karuniaNya.”

Shalawat ini adalah susunan as-Sayyid Ahmad al-Badawi Ra., seorang pecinta Sayyidina Mauhammad Saw. yang banyak menggubah sya’ir-sya’ir indah sebagai ungkapan rasa cintanya yang begitu mendalam terhadap Rasulullah Saw.Sayyid Ahmad Ruslan memberikan komentar atas shalawat ini:

“Shalawat ini sangat mujarab untuk menunaikan hajat, mengusir kesusahan, menolak bencana dan meraih cahaya, bahkan sangat manjur untuk segala keperluan.”

Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani dalam kitabnya “Afdhal ash-Sholawat” menukil sebagaimana di atas dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dengan sedikit tambahan, yaitu:

“...bahkan sholawat ini mujarrab untuk segala sesuatu dan bilangan wiridannya adalah 100 kali setiap hari.”

Hikmah dari membaca sholawat ini ialah: menerangkan hati, dapat menyingkap rahasia-rahasia ilmu, mengobati bisa (penyakit membahayakan) dan pembuka rizki.

  1. Sholawat ini hendaklah dibaca setiap hari 100 kali atau 92 kali.
  2. Jika dibaca setiap selesai shalat fardhu, maka akan terhindar dari segala marabahaya dan memperoleh rizki dengan mudah.
  3. Jika dibaca 7 kali sebelum tidur, insya Allah akan terhindar dari sihir yang dilakukan orang jahat.
  4. Jika dibaca 100 kali sehari semalam, akan memperoleh cahaya Ilahi, menolak bencana dan mendapat rizki lahir batin.

Shalawat Nur ini juga memiliki banyak khasiat dan keutamaan,di antaranya:

1. Jika dibaca ketika hati sedang gundah dan galau, maka Allah akan memberikan kelapangan hati dan kegembiraan.

2. Jika sedang mengalami amarah yang memuncak, kemudian membaca shalawat ini InsyaAllah kemarahan akan reda seketika. Begitu juga ketika menghadapi orang yang sedang marah, maka bacalah shalawat Nur ini.

3. Agar rizki diluaskan, wiridkan shalawat ini.

4. Jika usaha sedang sulit, baca shalawat ini setiap selesai shalat lima waktu, Insya Allah usahanya akan dilancarkan.

5. Shalat Nur ini jika diamalkan maka dapat memberikan efek yang pemarah jadi lembut hatinya, yang pendendam jadi penyayang.

Muhammad Taqiyyuddin Alawiy
Khodim PP Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda Mergosono Malang