Rubrik Tanya Jawab


Puasa bagi Penderita Ambien

Pertanyaan

Teman saya mengeluh sering ambeiennya kambuh. Dan saat kumat mudah sekali “maaf” bolnya keluar, lebih-lebih disaat membuang air besar. Kalau sudah keluar bolnya sulit masuk ke dalam anus kecuali ada upaya bantuan dengan tangannya sendiri. Batalkah puasa seseorang yang memasukkan bol yang keluar ke dalam anus?

Adhika Murdaya, Sumberpucung

Jawaban

Ulama berbeda pendapat tentang batal tidaknya puasa seseorang yang memasukkan ‘bol’nya ke dalam anus saat berpuasa. Ada yang menyatakan batal ada yang menyatakan tidak batal. Ulama yang menyatakan batal menganggap kebutuhan memasukkan ‘bol’ ketempatnya semula seperti orang yang merasa sangat lapar di siang hari. Tetap saja meski lapar tidak boleh makan karena membatalkan puasa.

Sementara ulama yang menyatakan tidak membatalkan puasa menolak menyamakan kebutuhan mengembalikan ‘bol’ kedalam anus dengan orang yang sedang lapar disiang hari. Seharusnya ‘bol’ adalah bagian dari anggota tubuh bagian dalam yang karena sakit kemudian sering kali keluar tanpa disengaja. Manakah yang harus diikuti pendapatnya? Seperti penjelasan-penjelasan sebelumnya, bila terjadi perbedaan pendapat ulama dalam menyikapi sesuatu, sebaiknya kita mengambil pendapat hukum yang lebih berat untuk kehati-hatian, kemudian bila dirasa darurat dan sangat tidak nyaman berjalan atau terasa sangat sakit bila sesuatu yang keluar tidak dimasukkan lagi maka kita bisa mengambil pendapat ulama yang lebih ringan. Wallahu a’lam

Referensi : Tuhfah al Muhtaj III halaman 404