Rubrik Tanya Jawab

Suara Kentut dari Kemaluan, Membatalkan Wudlukah?

Pertanyaan

Assalamualaikum,
Mohon maaf sebelumnya bila agak kurang sopan, tetapi hal ini agak mengganggu saya dan membuat ibadah saya ragu-ragu. Saya sering mengeluarkan suara seperti kentut tetapi dari kemaluan saya, ada yang menyebutnya (maaf) kentut vagina. apakah hal itu membatalkan wudlu atau shalat?

Ummu Fulanah di Blimbing Malang

Jawaban

Waalaikumussalam,
Dalam kitab Iqna Fi Hilli alfaadzi Abi Suja' Juz 1 halaman 23 disebutkan:

 وإنما ينتقض بأحد أربعة أمور . الأول : الخارج من أحد السبيلين ، عينا كان ، أو ريحا ، من قبل الرجل والمرأة ، أو دبرهما ، نادرا كان ، كالدم والحصى ، أو معتادا ، نجس العين ، أو طاهرها ، كالدود والحصى ، إلا المني ، فلا ينقض الوضوء بخروجه ، وإنما يوجب الغسل
Wudhu menjadi batal dengan salah satu dari empat perkara. Pertama: ada yang keluar dari kemaluan maupun dubur, baik berupa dzat atau berupa angin/gas. baik dari kemaluan atau dubur laki-laki maupun wanita. Baik benda yang keluar tersebut jarang/tak lazim keluar seperti darah dan batu, atau benda yang biasa keluar dari keduanya (Air Urine, Madzi, Wadi, kotoran, Angin/Gas). Kecuali air mani, maka tidak membatalkan wudhu, namun mewajibkan mandi.

Bila mengacu pada teks dalil ini maka kentut vagina dapat membatalkan wudlu. Namun untuk menemukan hukum sesungguhnya, kami mencoba konsultasi ke Dokter Sutrisno salah satu dokter ahli kandungan dari RSU Saiful Anwar Malang.

Tentang kentut vagina ini, beliau menyatakan:

"Kentut vagina tidak ada dalam istilah medis. Vagina itu gang buntu yang panjangnya 12 cm. Tidak menghasilkan gas atau udara tidak seperti dubur. Mengenai kemungkinan masuknya udara dan terjebak didalam itu sulit dimengerti karena vagina itu pendek. Bila normal selalu terbuka, ini beda dengan anus yang memang otot spinkternya kuat menutup. Mengenai kemungkinan suara seperti kentut, otot vagina memang mempunyai peristaltik sehingga bisa menimbulkan suara gerakan, semua otot tubuh bisa bergerak spontan. Jadi suara yang dipersepsikan "kentut vagina" kemungkinan besar hal itu adalah suara gerakan/gesekan antar otot."

Berdasar penjelasan dokter ahli kandungan ini, yang diistilahkan "kentut vagina" ini tidak membatalkan wudlu karena hanya sekedar suara gesekan antar otot pada dinding kemaluan. Wassalam.