Artikel Keislaman


Edit

Kajian Ramadhan: Kitab Rokok dan Kopi Karya Syaikh Ihsan Jampes

Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, Irsyadul Ikhwan, Li bayani Syurbil Qahwah wa Dukhon akan dikaji untuk ngaji Ramadhonan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda Mergosono Malang. Kitab tersebut adalah satu buah karya Syaikh Ihsan bin Dahlan Jampes Kediri yang membahas dinamika perbedaan para ulama tentang rokok dan kopi.

Tentang faedah kopi, Syaikh Ihsan menadzomkan

عليك بأكل البُنِّ فى كلّ ساعة * ففى البنِّ للأكل خمس فوائد
نشاط و تهضيم و تخليل بلغَم * تطَيُّب اَنْفاس و عون لقاصد

Minumlah kopi setiap waktu,
sebab bagi peminumnya ada lima faidah di dalamnya,

yakni membakar semangat, melancarkan cerna, menghilangkan dahak,
membaguskan pernafasan, dan membantu tujuan.

Kitab tersebut berisi 180 dalam bentuk nadhoman dengan disertai syarah atasnya. Syaikh Ihsan mengarang syair untuk kemudian disyarahi sendiri. Sedikit cerita, bahwa Mbah Ihsan mengarang kitab ini berawal dari beliau menghadiri suatu acara dimana banyak Kiai yang menghadirinya, salah satu kiai protes kepada Syaikh Ihsan karena beliau merokok, beliau hanya menanggapinya dengan mesem. Sepulang dari acara, Mbah Ihsan mengarang kitab Irsyadul Ikhwan.

Ini menarik, Mbah Ihsan sudah jauh memakai dialektika ala intelektual sebelum banyak ada mahasiswa di Indonesia. Syaikh Ihsan tak menanggapinya di tempat, namun beliau menanggapinya dengan cara mengarang buku.

Satu karya monumental Syaikh Ihsan ialah Kitab Sirajuth Thalibin, sebuah kitab mensyarahi kitab Minhajul Abidin karya Imam Ghozali. Kitab tersebut dikenal dan dikaji di Timur Tengah. Mbah KH Maimun Zubair Sarang, menjuluki Syaikh Ihsan sebagai Imam Ghazali shogir.

Sesuai jadwal Kajian Ramadhan kitab Irsyadul Ikhwan, Li bayani Syurbil Qahwah wa Dukhon dibacakan oleh KH. Achmad Shampton Masduqie pada ba'da shubuh. Ngaji tersebut akan dimulai pada tanggal 1 Ramadhan dan diselesaikan dalam sebelum 10 Ramadhan.

Download Kitabnya di sini

Ilmu berkata, berikan seluruh dirimu maka aku akan berikan sebagian dari diriku. Ilmu adalah pemberian. Dan mendapatkan ilmu harus melalui usaha.

Syeikh Muhammad at Thoiroh:

"ada beberapa (banyak) khasiat dari kopi yang dapat memberi manfaat dan juga ada beberapa bahaya dari kopi yang dimasak (brewing) atau di disangrai atau diayak."

Kopi bisa mengingatkan pada kuatnya otak, dan bisa membuat tajamnya hati, dan menaikkan daya otak.

"Bener niku meme yang berbunyi ngopi dhisik ben gak salah paham", karena memang ada tulisan bahwa kopi dapat meningkatkan daya paham.

Dapat menjaga panca indera dan menimbulkan rasa semangat

Dapat memperbarui pengaruh pada otot yang membersihkan tubuh, juga membersihkan tenggorokan



Hak mencipta adalah kekuasaan Allah SWT.
Divisi Publikasi Nurul Huda Mergosono