PPSSNH Nurul Huda


Pemanfaatan Mushalla Terbengkalai

Pertanyaan

Di depan rumah saya kan ada mushola lama, yang sudah rapuh. Lalu sekitar 200m dari rumah saya itu, tetangga saya malah membangun mushola baru. Sedangkan mushola yang lama di depan rumah saya itu langsung tidak dipakai oleh warga di sekitar. Warga semua sekarang sholatnya di mushola yang baru. Mushola di depan rumah saya jadi tidak terpakai.

Selengkapnya ...


Nadham Asmaul Husna

منظومة الاسماء الحسنى

اجازه دارى الشيخ على معصوم كرافياء جوكجاكارتا

Selengkapnya ...


KH. Masduqi Machfudh: Keajaiban Shalawat

Bacalah Shalawat! Jika salawat tidak membekas manfaat sedikitpun. Maka besok kencingi kuburanku. Alm. KH. A. Masduqi Machfudh

Bagi santri Nurul Huda, membaca shalawat adalah hal yang biasa, karena Murabbirruh Abah Masduqi semasa hidupnya senantiasa mewasiatkan agar gemar membaca shalawat dan jamaah shalat. Tentu bukan tanpa sebab, ada banyak alasan yang bisa diraih dengan kegemaran membaca shalawat. Sheikh Nawawi al-Bantani dalam Kitab Tanqih al Qoul al Hatsits menyitir sebuah hadits dan cerita sebagai berikut:

Selengkapnya ...


Pesantren Ramadlan 1438

Pesantren Ramadlan 1438 PPSS Nurul Huda

Semangat Beramal Menyemarakkan Bulan Ramadlan

Santri Kilat

Untuk umum

Infaq

Rp 90.000

Pendaftaran

15-27 Mei 2017

Pelaksanaan

27 Mei-15 Juni 2017

Fasilitas

  1. Asrama
  2. Kegiatan Pengajian Rutin
  3. Perpustakaan
  4. Souvenir
  5. Sertifikat
  6. Pos Kesehatan Pesantren

Kontak

Pendaftaran langsung datang ke:

Sekretariat PPSS Nurul Huda
Jl. Kolonel Soegiono No. 103 Gang 3B Mergosono Malang

  1. Robith: +62-856-009-039-191
  2. Nunung: +62-853-3582-0776

Pewakilkan Perwalian Kepala KUA kepada Orang Lain

Deskripsi Masalah

Dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2005 telah ditetapkan, bahwa Wali Hakim adalah Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan yang ditunjuk oleh Menteri Agama untuk bertindak sebagai wali nikah bagi calon mempelai wanita yang tidak mempunyai wali.

Apabila kepala KUA Kecamatan yang bersangkutan berhalangan atau tidak ada, maka Kepala Seksi yang membidangi Tugas Urusan Agama Islam atas nama Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota diberikuasa untuk atas nama Menteri Agama menunjuk salah satu Penghulu pada kecamatan tersebut atau yang terdekat untuk sementara waktu menjadi wali hakim pada wilayahnya. (PCNU Kab. Blitar)

Pertanyaan

  1. Bolehkah Kepala KUA Kecamatan mewakilkan perwaliannya kepada orang lain seperti halnya wali nasab?
  2. Dalam fikih, apa istilah pembentukan dan pengangkatan Kepala KUA Kecamatan oleh Menteri Agama? Qadhi, Naib, atau apa?

Selengkapnya ...


Toleran Terhadap Perbedaan Pandang

Saat Abah Kyai Masduqi pertama kali tugas di Tarakan, harus melalui berbagai cobaan yang luar biasa, tiga kali disantet. Penduduk setempat beralasan bahwa beberapa kali pendatang (dari suku) Jawa yang ke tempat itu datang menipu. Santet hanya untuk membuktikan apakah Abah seorang da'i sungguhan. Tidak hanya santet, Abah Masduqi juga dilaporkan atas berbagai fitnah. Bahkan pernah saat mengaji, tiba-tiba dikepung oleh tentara. Setelah rangkaian santet dan fitnah itu tidak mempan, sementara Abah tetap memberikan kesantunan dalam berdakwah tanpa menyakiti. Bahkan bagi salah seorang pembantu Abah saat itu non muslim, Abah diterima berdakwah di kampungnya. Sebagai penghormatan (atau entah budaya mereka), Abah menceritakan bahwa setiap kali Ramadan tiba, Kepala Suku membuat peraturan agar warga tidak ada yang menyalakan kompor (memasak) sepanjang siang kecuali ada yang hamil atau menyusui. Meski kepala suku dan penduduk tidak semuanya Islam.

Selengkapnya ...


Pangerten

20 Desember 2013 lalu bertepatan dengan 10 tahun saya mempersunting putri Gus Mus yang ke-3. Dalam rentang 10 tahun itu saya merasa tidak pernah dimarahi/didawuhi. Entah memang seperti itu atau memang karena saya bebal tak memahami bahasa beliau yg sering lebih banyak menggunakan bahasa kiasan.

Selengkapnya ...


Pengajian Umum dan Sholawat Bersama Haflah PP Nurul Huda Mergosono Malang 1438/2017

Hadirilah Pengajian Umum dan Sholawat Bersama dalam rangka haflah akhirussanah Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda Mergosono, Malang.

Kelawan khidmat taat, ilmune berkah manfaat

Hari

Ahad, 21 Mei 2017

Tempat

Kompleks PP Nurul Huda Mergosono Malang
Jl. Kolonel Soegiono  No. 103 Gang 3B
Malang 65134

Waktu

07.00 WIB - selesai

Penceramah

  • Habib Abu Bakar Assegaf (Pasuruan)
  • Habib Abdul Qadir Umar Mauladdawilah (Majelis Darul Hijrah Malang)

 


Pesantren Cilik Ramadlan 1438

Pesantren Ramadlan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda

Santri Cilik

Pendaftaran

15 Mei-10 Juni 2017

Pelaksanaan

12-17 Juni 2017

Infaq

Rp 100.000

Selengkapnya ...


Haji Rasulullah SAW

Para imam ahli hadis (muhaddisin) telah meriwayatkan hadis-hadis yang berkaitan dengan haji dan umrah serta menukilkannya dalam berbagai kitab, baik yang bersifat umum maupun khusus. Hadis dimaksud membahas tentang pelaksanaan haji dan umrah Rasulullah SAW. Riwayat yang paling lengkap disampaikan oleh Jabir bin Abdillah kepada Muhammad bin Ali Zainal Abidin bin Husain yang bergelar al-Baqir.

Selengkapnya ...


Versi Mobile

Menilik perkembangan jaman dengan akses internet lebih luas melalui ponsel, maka dilakukan pengembangan tampilan khusus untuk ponsel. Beruntung desain dasar situs ini sudah mengadaptasi HTML+CSS sehingga tidak sulit untuk membuat tampilan ponsel/mobile. Hanya dibutuhkan sedikit trik untuk menjamin tampilan berjalan lancar tidak perlu menggeser layar ke kiri dan ke kanan untuk melihat konten secara penuh.

Silakan nikmati situs ini dalam versi mobile/ponsel yang terdeteksi secara otomatis. Terutama untuk iOS dan Android.

Untuk menikmati teks arab yang lebih baik, silakan pasang font Me Quran atau Amiri di komputer Anda


Qunut Nazilah

دُعَاءْ قُنُوتْ نَازِلَةْ

Selengkapnya ...


Ikrar Santri Mergosono untuk NU dan NKRI

Dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda Mergosono Malang menyelenggarakan upacara. Salah satu rangkaian dari upacara tersebut ialah Pembacaan Ikrar Santri untuk NU dan NKRI bersama-sama.

Berikut adalah Ikrar Santri yang mengkombinasikan antara Panca Setia Santri ala KH. Marzuki Mustamar dan Ikrar Bela Negara ala Habib Luthfi bin Yahya.

IKRAR SANTRI UNTUK NU DAN NKRI

بسم الله الرحمن الرحيم
  1. أشهد أن لا إله إلا الله
  2. وأشهد أن محمدا رسول الله
  3. وأقر أن جمعية نهضة العلماء ثابت لازم في القلب
  4. وأقر أن حب الوطن من الإيمان
  5. وأقر أن الدفاع عنه واجب
  6. وأقر أن وحدة جمهورية إندونيسيا سعر ثابت لا يتغير

Kami santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Huda Mergosono Malang

  1. Kami bersaksi bahwa tiada ada tuhan selain Allah
  2. Kami bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah
  3. Kami berikrar bahwa NU selalu di hati
  4. Kami berikrar bahwa mencintai tanah air adalah sebagian dari iman 
  5. Kami berikrar bahwa membela tanah air adalah wajib 
  6. Kami berikrar bahwa NKRI harga mati itu bukan basa-basi.

 


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437H


Kisah Keajaiban Salawat yang Dialami KH Masduqi Machfudh

Ditulis oleh Indirijal Lutofa, Santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyyah Nurul Huda Mergosono, Malang dan mahasiswa Fakultas Syari’ah UIN Malang. Kisah ini diperoleh pendengaran langsung penuturan Kiai Masduqie saat memberikan pengajian di Majlis Ta'liim wal Maulid Riyadhul Jannnah Malang, Jawa Timur dan kisah yang dituturkan putranya. Dimuat juga di NU Online.

Shalawat dan shalat jamaah adalah dua “senjata” Achmad Masduqi Machfudh. Tiap menerima aduan masalah dari masyarakat, ia selalu berwasiat untuk membaca shalawat, minimal 1000 kali setiap hari dan 10.000 kali setiap malam Jum’at.

Selengkapnya ...


Kajian Ramadlan: Kitab Risalah Ahlis Sunnah Wal Jama'ah Karya KH Hasyim Asy'ari

Setelah kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya Hadratusy Syekh Muhammad Hasyim Asy’ari dikhatamkan pada tanggal 23 Juni 2016, maka kajian Ramadlan berikutnya mengkaji kitab Risalah Ahlissunnah Wal Jama’ah yang juga disusun oleh Hadratusy Syekh. Waktu kajian masih tetap ba’da tarawih dan akan dimulai tanggal 24 Juni 2016. 

Unduh kitab di sini.

Pengajian kitab Risalah Ahlissunnah karya pendiri Nahdlatul Ulama tersebut juga tersedia streaming pada http://nurulhuda.listen2myradio.com/ 

Semoga barokah dan manfaat.


KH. Masduqi Machfudh: Refleksi Ramadlan

Dalam Nasaih al Ibad, makalah ke-16 menyitir sebuah pernyataan: "Sesungguhnya syahwat itu dapat membuat para raja menjadi para budak, karena sesungguhnya barangsiapa yang mencintai sesuatu, maka dia adalah budak dari sesuatu tersebut. Dan sabar itu dapat membuat para budak menjadi raja-raja, karena budak itu dengan kesabarannya dia akan dapat memperoleh apa yang dia inginkan". Tiadakah pengetahuanmu sampai pada kisah dari pemimpin kita yang mulia, putera dari orang yang mulia, putera dari orang yang mulia, Yusuf As Shiddiq, putera Ya’qub As Shabur, putera Ishaq Al Halim, putera Ibrahim Al Khalil Al Awwah as. dan Zulaikha? Sesungguhnya Zulaikha telah mencintai Sayyidina Yusuf dengan puncak kecintaan, sedang Sayyidina Yusuf sabar atas tipu daya dan tindakannya yang menyakitkan.

Selengkapnya ...


KH. Masduqi Machfudh: Berdirilah di barisan Ulama

Bila dulu kita sering mendengar puji-pujian sebelum sholat atau sekarang sudah dilagukan yang berjudul Tombo Ati, (Obat Hati) yang lima, agar kita mendapat obat hati, haruslah berusaha berkumpul dengan orang-orang shaleh.

Perintah dari puji-pujian yang merupakan terjemahan dari pernyataan Sheikh Ibrahim al Khowas tersebut, merupakan perwujudan dari firman Allah dalam surat al Zumar ayat 71-74 yang menceritakan bahwa di hari akhir nanti masing-masing dari kita akan dimasukkan surga atau neraka sesuai dengan golongan-golongan yang disukainya

Selengkapnya ...


Kesabaran Bukan Hanya Berarti Kesabaran

Ingatan saya kembali ketika saya masih SMP. Abah membuat tangga tali untuk turun ke sumur memperbaiki pompa air atau untuk keperluan lainnya. Sengaja untuk niat sambil beramal, Abah sering meminjamkannya kepada para tetangga yang memerlukannya.

Selengkapnya ...


Kajian Ramadhan: Kutipan Kitab Adaabul Alim Wal Muta'alim Karya Hadratusy Syekh Hasyim Asy'ari (3)

Seorang pencari ilmu harus bisa memilih seorang guru dan ketika sudah bersama guru harus beretika yang baik.

Bukan berarti membeda-bedakanguru, karena semua guru berhak untuk diambil ilmunya. Tetapi memilih guru untuk belajar yang fokus adalah kunci kesuksesan mencari ilmu, sedangkan etika adalah kunci mendapatkan keberkahan guru, kemanfaatan ilmu, dan keridhaan Allah.

Selengkapnya ...


KH Masduqi Machfudh: Niat Ingsun Mekso Awak

KH Masduqi Machfudh menelaah Kitab Arbain fi Ushuliddin karya Imam Ghazali

Suatu waktu Abah Kyai Masduqi tindakan ke Surabaya untuk memenuhi undangan sebuah pertemuan dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur. Setelah selesai dari pertemuan tersebut, beliau dijemput oleh panitia pembangunan masjid di sebuah perumahan Surabaya. Dijemput untuk berkenan memberikan pengarahan, mauidhoh, dan doa restu.

Selengkapnya ...


KH Masduqi Machfudh: Dialog dengan Dosen Anti Ziarah

Alkisah ketika Abah Kyai Masduqi Mahfudz kuliah di Jogja, ada salah satu dosen beliau yang anti ziyarah kubur. Dosen tersebut menyatakan bahwa ziyarah kubur itu hukumnya haram. Suatu saat Abah Kyai Masduqi mendapatkan kesempatan untuk berdialogi dengan dosen tersebut tentang ziyarah kubur.

Selengkapnya ...


Kajian Ramadhan: Kutipan Kitab Adaabul Alim wal Muta'alim Karya Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari (1)

Diriwayatkan dari siti ‘Aisyah r.a. dari Rasululloah SAW beliau bersabda,

"Hak anak yang wajib atas orang tuanya adalah memberikan anaknya nama-nama yang bagus, memberikan air susu (menyusui) yang bagus kepada anaknya, dan memberikan didikan budi pekerti yang baik kepada anaknya”.

Selengkapnya ...


Kajian Ramadhan: Kutipan Kitab Adaabul Alim wal Muta'alim Karya Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari (2)

Rasulullah bersabda:

من غدا إلى المسجد لا يريد إلا أن يتعلم خيرا أو يعلمه كان له كاجر حج تام

"Barang siapa yang berangkat pergi di pagi hari untuk kemasjid, sementara dia tidak menghendaki sesuatu kecuali untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarkan kebaikan, maka berhak memperoleh pahala seperti pahalanya orang yang melakukan ibadah haji secara sempurna".

Selengkapnya ...


Perlunya Mujahada disamping Jihad dan Ijtihad dalam Masyarakat

Kata mujahadah tidak lebih populer daripada kata jihad atau ijtihad. Beberapa riwayat menyebutkan bahwa ijtihad lebih utama daripada jihad. Rasulullah SAW bersabda,

"Goresan tinta para ulama lebih utama daripada tumpahan darah para syuhada."

Selengkapnya ...


Kajian Ramadhan: Kitab Rokok dan Kopi Karya Syaikh Ihsan Jampes

Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, Irsyadul Ikhwan, Li bayani Syurbil Qahwah wa Dukhon akan dikaji untuk ngaji Ramadhonan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda Mergosono Malang. Kitab tersebut adalah satu buah karya Syaikh Ihsan bin Dahlan Jampes Kediri yang membahas dinamika perbedaan para ulama tentang rokok dan kopi.

Selengkapnya ...


Publikasi

Memasuki tahun 2016, Pengurus Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda Mergosono Malang divisi Publikasi proaktif mengelola media sosial dengan akun Publikasi Nurul Huda Mergosono dan selanjutnya menyederhanakan nama group Pesantren menjadi Nurul Huda Online. Sehingga sosialisasi kegiatan pesantren bisa lebih lengkap di media sosial.


Pesantren Ramadlan PPSS Nurul Huda 1437 H


PP RMI NU Programkan Gerakan #AyoMondok, PPSS Nurul Huda Mergosono Seminarkan Kepesantrenan

Pada tanggal 8-9 Juni, sekitar 250 siswa SMAN 02 Malang akan datang ke Pondok Pesantren Nurul Huda Mergosono Malang. Kedatangan tidak lain adalah untuk mengikuti beberapa rangkaian acara pesantren Ramadhan yang dibingkai model acara seminar. Salah satu materi yang akan diseminarkan dalam acara tersebut adalah tentang kepesantrenan. Materi kepesantrenan dimasukan dalam rangkaian seminar sebagai respon dari Gerakan Nasional ‪#‎Ayo‬Mondok.

Selengkapnya ...


Berita


Lainnya


Nadirsyah Hosen: Telaah atas Hadits Khilafah HTI

Beberapa tahun lalu saya mengkritisi Hadis yang sering digunakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) untuk memprediksi bahwa akan datang kembali sistem pemerintahan khilafah yang sesuai dengan manhaj kenabian. Saya sebutkan bahwa riwayat Thabrani soal itu majhul dan riwayat imam Ahmad bermasalah khususnya pada perawi yang bernama Habib bin Salim.

Selengkapnya ...


Biografi singkat

Selengkapnya ...


Bila Suami Seorang Koruptor

Salah satu kewajiban utama suami adalah memberikan nafkah sandang pangan dan papan kepada keluarganya. Tentu bukan sesuatu yang mudah dilakukan oleh suami, di era dimana pekerjaan sangat sulit didapat, sesungguhnya mencari pekerjaan halal menjadi bagian dari jihad seorang suami untuk menyelamatkan keluarganya dari api neraka.

Selengkapnya ...


Biografi KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudh

KH. Drs. Achmad Masduqie Machfudh dilahirkan di desa Saripan (Syarifan), Jepara, Jawa Tengah pada 1 Juli 1935. Di desa tersebut, terdapat sebuah makam kuno yang banyak dikenal orang dengan makam "Mbah Jenggolo". Alkisah, berkat karomah dari Mbah Jenggolo ini, dulu ketika baru ada radio, siapa saja yang membawa ke desa ini pasti gila. Penyakit gila ini baru akan sembuh kalau alat elektronik dikeluarkan dari Saripan. Keadaan seperti ini masih bisa ditemui semasa Kyai Masduqie masih kecil. Namun perlahan-perlahan seiring dengan perubahan zaman, karomah ini berangsur surut hingga hilang sama sekali. Melihat lingkungannya yang seperti itu, ditambah dengan lingkungan keluarga yang taat dan fanatik terhadap agama serta memiliki semangat juang yang tinggi untuk menegakkan kebenaran dan menyebarkan agama Allah.

Selengkapnya ...


Bagi Hasil Pemeliharaan Sapi

Permasalahan

Ada seorang pembeli sapi seharga Rp. 100.000, lalu dipeliharakan kepada orang lain dengan perjanjian:

  • kalau nantinya sapi tersebut dijual, maka keuntungannya dibagi diantara pemilik sapi dan pemeliharanya.
  • Kalau sapi tersebut betina lalu dalam perjanjian ditetapkan untuk membagi hasil anak sapi tersebut bila sudah beternak.
  • Tetapi pemilik sapi tersebut bila suatu waktu ingin menjualnya sapi dalam keadaan belum berternak dan bagi hasil, tetap dilakukan dalam mas'alah yang pertama.

Selengkapnya ...


Kitab Fiqhus-sunnah sebagai Pedoman Tahkim

Pertanyaan

Apakah kitab fiqhus sunnah dapat dipakai pedoman tahkim, seperti kita kitab fiqih lainnya yang mu’tamadad?

Selengkapnya ...


Membaca doa shalat dengan Bahasa Indonesia

Pertanyaan

Bagaimana hukumnya membaca doa dengan bahasa Indonesia ('ajam) di dalam shalat?

Jawaban

Hukumnya tafsil sbb:

  • Apabila do'a/adzkar tersebut termasuk rukun shalat, maka wajib membaca terjemahannya bagi orang yang tidak mampu berbahasa arab (ajiz).
  • Apabila do'a/adzkar tersebut bukan termasuk rukun shalat dan do'a itu ma'tsuroh/mandubah, maka sah sholatnya bagi orang yang memang ajiz.
  • Apabila do'a/adzkar tersebut tidak ma'tsuroh (mengarang sendiri), maka sholatnya batal secara mutlaq (baik ajiz atau bukan).

Selengkapnya ...


Tahun Baru Hijriyyah

Bulan Muharram adalah termasuk salah satu di antara empat bulan yang dimuliakan oleh Allah swt. sebagaimana tersebut dalam surat At Taubah ayat 36:

Selengkapnya ...


Pondok Pesantren


Hak mencipta adalah kekuasaan Allah SWT.
Divisi Publikasi Nurul Huda Mergosono