el Bashiroh
Mencerahkan Rohani Bangsa


  • Praktis Tour & Travel

    Tiket murah untuk transportasi bus, kereta api, kapal laut, pesawat. Tiket penerbangan domestik bisa diantar.

  • Toko Zam Zam

    Sedia Sarung Samarinda, jilbab, rukuh, seprei, daster, busana muslim long dress, dll. Melayani partai & eceran. Juga tersedia merek:

  • Griya Alfa Reyhan

    Menyediakan kain spun, polyester, twill kwalitas ekspor, baju takwa, gamis, jubah, dll.

  • Percetakan Dalwa

    Lengkapi koleksi Anda. Koleksi buku-buku fiqih terbitan Pesantren Darullughah Wadda'wah.

  • Toko Laris Kaos

    Grosir & eceran. Agen perlengkapan bayi, pakaian dalam pria & wanita, setelan anak, aneka kaos. Harga murah, kwalitas bagus. Buktikanlah!!

  • El Bashiroh

    Majalah Bashiroh Online

Al Bashiroh

[ Edit ]

Reaktualisasi Sunnah dalam Rangka Mencerdaskan Spiritual Bangsa

Tahukah anda tentang Sholat Istikhoroh (memohon petunjuk)?

Sholat Istikhoroh adalah sholat untuk memohon petunjuk kepada Allah Subhanahu Wata'ala atas segala macam problema yang dialami manusia dari kebingungan untuk menentukan pilihan, keruwetan, kesukaran juga untuk petunjuk dalam kehidupan sehari-hari.

Sedang diantara pintu kelapangan dan kebahagiaan dunia akherat adalah hamba yang selalu memasrahkan dirinya dan menghadapkan hatinya kepada Allah Subhanahu Wata'ala dalam segala yang dia inginkan / kehendaki. Dan selalu memohon petunjuk atas segala urusan dan perkaranya yang husus ataupun yang umum. Dan hal itu dengan melaksanakan sholat Istikhoroh yang telah diajarkan Nabi Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wasallam, serta membaca doa-doa yang dibaca selesai sholat yang telah di ajarkan oleh baginda Rasul, niscaya ia akan mendapatkan kemantapan hati dalam menentukan pilihan serta akan keluar dari kegamangan dan keraguan. Dan jika sholat Istikhoroh itu dilaksanakan setiap hari, maka hal itu akan lebih baik baginya.

Adapun keutamaan sholat Istikhoroh sebagai mana yang telah dituturkan oleh baginda Rasulallah Sallallahu 'Alaihi Wasallam :

  1. Diantara keberuntungan bagi seorang hamba adalah Istilhorohnya (memohon petunjuk) kepada Allah, dan diantara keberuntungannya adalah kerelaannya atas apa yang di tentukan Allah Subhanahu Wata'ala kepadanya, dan diantara kerugian bagi seorang hamba adalah meninggalkan istikhoroh (mengandalkan kemampuan dirinya yang pada hakekatnya amat sangat terbatas itu) kepada Allah, dan diantara kerugianan pula yaitu kemarahan / ketidak relaannya atas apa yang ditentukan Allah kepadanya.
  2. Tidak bakal sia-sia orang selalu beristikhoroh dan tidak bakal menyesal orang yang selalu bermusyawarah.
  3. Sayidina Jabir pernah berkata "Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam pernah mengajari kita untuk beristikhoroh dalam semua perkara". Dengan demikian keberadaan sholat Istihoroh begitu amat penting bagi kehidupan seorang muslim, ia akan begitu banyak memecahkan persoalan-persoalan penting yang amat sangat menentukan, dan pershoalan-pershoalan itu tadi akan dapat kita atasi serta mendapat jalan keluar yang terbaik dengan melalui sarana sholat Istikhoroh.

Dan tidak akan kita temu lagi seorang muslim yang begitu bergantung pada ocehan sang peramal, para normal, dukun dan sebagainya. Cukuplah seorang muslim dengan fatwa / petunjuk yang diberikan oleh Nabinya untuk mengatasi segala problem kehidupannya.

Cara melaksanakan sholat Istikhoroh

Adapun cara melaksanakannya adalah sholat sunnah 2 rokaat, adapun niatnya :

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ ? مَا كَانَ لَهُمُ الخِيَرَةُ سُبْحَانَ اللهِ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ ? وَرَبُّكَ يَعْلَمُ مَا تُكِنُّ صُدُوْرُهُمْ وَمَا يُعْلِنُوْنَ ? وَهُوَ اللـهُ لاَ إله إِلاَّ هُوَ لَهُ الحَمْدُ فِي الأُوْلَى وَالآخِرَةِ وَلَهُ الحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Setelah surat diatas membaca surat Al-Kafirun, dan dirokaat ke dua setelah Al-Fatehah membaca ayat :

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلاَ مُؤْمِنَةٍ ? إِذَا قَضَى اللـهُ وَرَسُوْلُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُوْنَ لَهُمُ الخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللـهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلاَلاً مُبِيْنًا

Kemudian membaca surat Al-Ikhlas.

Kemudian seusai sholat membaca doa sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَستَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَستَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ العَظِيْمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الغُيُوْبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِي في دِيْنِي وَمَعَاشِي وَعاقِبَةِ أَمْرِي أو قال عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فيه وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِي في دِيْنِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي أو قال عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عنه وَاقْدُرْ لِي الخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِي بِهِ Lantas dia menyebutkan hajatnya.

Alamat Redaksi: Jl. Raya Raci No. 51 Bangil Pasuruan P.O. Box 08 Bangil Pasuruan Jatim Indonesia. Telp. 0343-745317/746532 Fax. 0343-741-200
e-mail redaksi_albashiroh@yahoo.co.id.